Tuesday, September 22, 2015

Beberapa Makanan yang Sehat untuk tubuh kita

Makan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk melangsungkan hidupnya. Melalui makanan, manusia mendapatkan kenikmatan berupa rasa kenyang dan juga makanan bukan hanya sekedar penghilang lapar, tetapi  kita harus makan makanan yang baik untuk tubuh kita. Makanan sehat di dalam Islam sangatlah penting untuk disimak, hal ini bukan hanya pada persoalan hukum halal atau haram makanan, tetapi kualitas (bobot kandungan gizi) dan efek kesehatan makanan terhadap tubuh. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan atau makanan sehat adalah makanan yang higienis ( makanan yang tidak mengandung penyakit atau zat yang dapat membahayakan kesehatan kita), bergizi (makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan kita), dan berkecukupan (makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu).

Manfaat makan sehat untuk tubuh kita :
  1. Sebagai sumber energi
  2. Sebagai pembangun tubuh
  3. Sebagai pelindung tubuh 
  4. Menjaga tubuh dari kondisi stres
  5. Meningkatkan inteligensi
  6. Memelihara reproduksi 
Contoh-contoh makanan sehat :

1. Beras Merah
Serat dan nutrisi beras merah sangat baik sekali untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. 

2. Brokoli
Sayuran ini mempunyai banyak kandungan seperti antioksidan, vit C, K, E, B, mineral, kalsium, xat besi, kalium, dan beta karoten. Dan oleh karena itu brokoli bisa mencegah berbagai penyakit diantaranya seperti penyakit kanker, penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit stroke, tulang keropos, dan penyakit lainnya.

3. Bayam

Bayam salah satu jenis tanaman sayuran yang memiliki banyak manfaatnya yaitu seperti dapat menghaluskan kulit, dapat menghambat enzime tirosinase, mampu memperbaiki kerja insulit, mejaga stamina otot, untuk membangun tulang dan juga gigi, imput saraf, kinerja jantung, serta pembekuan darah yang benar. Bayam terdiri dari dua jenis yaitu bayam merah dan bayam hijau. Secara umum kedua bayam tersebut memiliki kandungan gizi dan manfaat yang sama.

4. Teh hitam 
Teh hitam juga mempunyai kandungan anti peradangan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit kanker, penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

5. Ikan salmon 
Ikan salmon ini sumber dari asam lemak Omega-3 yang terbaik. Manfaat ikan salmon yaitu dapat memerangi penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, dapat melindungi sendi, memperbaiki mooa dan kognisi serta dapat mengobati masalah mata seperti mata kering.

6. Yoghurt 
Yoghurt ini sebenarnya salah satu produk susu yang mengandung banyak bakteri baik. Dan selain itu, yoghurt dengan kultur aktif dapat membantu mengobati kondisi pencernaan seperti sembelit, diare, intoleransi laktosa, kanker usus besar, penyakit usus serta mencegah osteoporosis, dan mengatur tekanan darah. 

7. Alpukat 
Buah ini penuh lemak tak jenuh. Alpukat mempunyai vit C dan E, kalium, dan lutein. Alpukat mampu mencegah kanker, penyakit jantung, dan masalah mata.  

8. Telur
Meski belakangan ini telur sering dicap buruk oleh kalangan masyarakat, akan tetapi tahukah anda bahwa telur ini merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Manfaat dari telur diantaranya dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan agar tetap sehat, mengembangkan otak, memperkuat penglihatan, serta dapat mencegah cacat lahir dan kanker payudara. 

9.Pisang
Sumber yang kaya akan kalium dan serat. Buah ini dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, saluran pencernaan, dan mencegah perkembangan kanker.

10. Strawberry
Strawberry ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengatur kadar gula darah (yang memainkan peran dalam menyembuhkan dan mengobati diabetes) dan melawan penyakit berbahaya lain seperti kanker. 

11. Tomat
Tomat ini banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tomat diantaranya adalah dapat membantu menurunkan resiko gangguan jantung, menghilangkan kelelahan dan dapat menambah nafsu makan, menghambat pertumbuhan sel kanker (pada prostat, leher rahim, payudara, dan endometrium), memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia, mengurangi resiko radang usus buntu, membantu menjaga kesehatan (seperti organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar), mengobati diare, meningkatkan jumlah sperma pada pria, memulihkan fungsi lever, dan bisa mengatasi kegemukan.

12. Jeruk 

Buah jeruk ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat jeruk diantaranya adalah menurunkan resiko kanker usus besar,  sebagai sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menimbulkan tanda-tanda penuaan, membantu mempertahankan keremajaan kulit meski usia swudah beranjak 50 tahun, membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan bisa menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. 


13. Apel 

Buah apel ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya yaitu dapat mencegah asma, mengurangi berat badan, mencegah kanker payudara, mencegah kanker usus, mencegah kanker paru-paru, dapat melindungi tulang, mencegah kanker hati, menurunkan kadar kolestrol, mengontrol diabetes, membersihkan dan menyegarkan mulut. 



14. Kopi
Manfaat kopi untuk kesehatan ternyata banyak sekali, meskipun terkadang banyak orang yang beranggapan jika kopi termasuk minuman yang tidak sehat. Berdasarkan penelitian, kopi mengandung banyak antioksidan yang perlu diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari radikal bebas. Manfaat dari kopi yaitu mengobati diabetes, mengurangi resiko sroke, mencegah kanker, mengurangi resiko liver.

No comments:

Post a Comment