Monday, December 28, 2015

Minum air putih membantu menurunkan berat badan

Anda mungkin cukup sering mendengar pernyataan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Tapi apakah air benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan? Jawabannya adalah Ya!
Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal Obesity, minum 500 ml air sebelum makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah.
Penelitian ini diterapkan kepada orang-orang dewasa yang memiliki masalah obesitas untuk melihat apakah minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.
Para peneliti merekrut 84 orang dewasa dengan obesitas untuk melakukan percobaan selama 12 minggu dengan dipecah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum 500 ml air setengah jam sebelum makan, sementara kelompok lainnya diberitahu untuk membayangkan perut mereka kenyang sebelum makan.

Dan hasilnya, kelompok yang diminta untuk minum air tercatat mendapatkan penurunan berat badan hingga 9 pon atau sekitar 4,3 kg dibanding kelompok yang tidak diminta untuk meminum air.
Lalu mengapa air dapat membantu menurunkan berat badan seseorang? Berikut adalah alasannya:

+Minum air membantu proses pembakaran kalori

Minum 500 ml air atau setengah liter air dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh setidaknya selama satu jam. Beberapa studi telah menunjukan bahwa cara ini dapat membantu menurunkan berat badan secara mudah dan sederhana.
Salah satu dari penelitian tersebut menunjukan bahwa dengan meminum setengah liter air maka ia sudah menambahkan 23 kalori yang terbakar dari dalam tubuh. Dalam setahun sekitar 17.000 kalori atau lebih dari 2 kg lemak.

+Minum air sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan

Beberapa orang mengklaim bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi selera makan seseorang. Sebuah penelitian yang diarahkan kepada orang-orang berumur ini tampaknya menunjukan bahwa klaim tersebut ada benarnya, namun biasanya hanya terjadi pada pria tau wanita setengah baya atau orang tua.
Terbukti mereka yang minum air sebelum makan mengalami penurunan berat badan hingga 12 kg selama 12 minggu. Situs kesehatan WebMD juga menyatakan bahwa minum air sebelum makan berhasil mengurangi asupan kalori sebesar 75 kalori per makanannya.

+Minum banyak air membantu menekan kalori yang masuk kedalam tubuh dan menurunkan risiko kenaikan berat badan

Minum lebih banyak air dapat menyebabkan asupan kalori menurun dan mengurangi risiko kenaikan berat badan jangka panjang serta obesitas, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan secara natural air tidak mengandung kalori sehingga secara luas dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.
Menambahkan satu cangkir air dalam konsumsi harian Anda dapat membantu mengurangi berat badan sekitar 0,13 kg. Anda juga dapat mengganti minuman-minuman lain seperti soda dan jus dengan air putih membantu Anda mengurangi berat badan sebesar 0,5 kg.

+Minum air es/dingin membantu meningkatkan metabolisme

Menurut staf editorial di WebMD, minum air es dingin membantu meningkatkan metabolisme Anda karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh. Proses tersebut membakar lebih banyak kalori sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.

+Minum cukup air membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal

Jika Anda ingin air yang Anda minum benar-benar dapat menurunkan berat dan Anda maka pastikan untuk mengikuti aturan yang telah direkomendasikan oleh sebagian ahli gizi yaitu minum delapan gelas air per hari, cara ini dapat menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang ideal. Saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat maka pastikan untuk mendapatkan cukup air.
Lalu bagaimana cara mengetahui apakah Anda cukup mendapatkan air atau tidak? caranya mudah, cukup memeriksa toilet setelah pergi ke kamar mandi. Jika urin Anda berwarna putih bening atau berwarna kuning cerah maka tubuh Anda cukup terhidrasi, namun apabila berwarna kuning gelap maka Anda membutuhkan lebih banyak air minum

No comments:

Post a Comment