Monday, March 30, 2015

Syarat Mutlak Air Minum Sehat

air minum sehat

Syarat Mutlak Air Minum Sehat

Bukan menjadi rahasia lagi, jika tubuh kita membutuhkan air untuk kelancaran sistem metabolisme tubuh. Apalagi, tubuh manusia memang terdiri lebih banyak dari air, terutama pada bagian otak. Dengan peran air yang sangat penting bagi tubuh manusia, rasanya tidak berlebihan jika minum 8 gelas sehari menjadi hal yang wajib untuk dipenuhi. Namun demikian, terkadang kita mengabaikan syarat penting air minum yang dikonsumsi. Padahal, air minum sehat yang layak konsumsi memiliki 3 syarat mutlak yang perlu dipenuhi. Apa saja syaratnya?
  • Air minum sehat yang baik dan layak dikonsumsi adalah air minum yang memenuhi persyaratan mikrobiologis, yaitu tidak mengandung bakteri pathogen yang dapat membentuk racun dalam waktu singkat pada tubuh. Bakteri pathogen yang dimaksud diantaranya adalah bakteri coliform, bakteri shigella penyebab muntaber, S.typhii yang menyebabkan typhus, serta bakteri penyebab kolera dan disentri. Air yang mengandung bakteri pathogen akan memberikan dampak buruk pada tubuh itu sendiri. Dan dampaknya pun terasa dalam waktu dekat, karena air yang dikonsumsi mengalir ke seluruh bagian tubuh.
  • Lalu ada pula persyaratan kimia yang harus dipenuhi. Air minum sehat yang baik tidak boleh mengandung partikel terlarut yang ada dalam jumlah tertentu (tinggi) dan logam berat. Seperti misalnya senyawa kimia jenis Hg, Ni. Pb, Zn, dan Ag. Pun jika air tersebut mengandung senyawa hidrokarbon dan detergen, karena air jenis ini beracun dan akan mendenaturasikan protein dalam tubuh. Selain itu, senyawa kimia yang terdapat pada air akan dengan mudah bereaksi dalam biomolekul.
  • Persyaratan fisik, adalah persyaratan nyata yang terlihat dan dapat dirasakan dengan baik. Air minum sehat yang layak konsumsi adalah air minum yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak memiliki rasa, dan juga tidak menimbulkan endapan. Apabila air minummu menampakan salah satu gejala fisik yang bertentangan dengan persyaratan fisik tersebut, dapat dipastikan air tersebut bukanlah jenis air yang layak konsumsi.
Selain ketiga kriteria mutlak di atas, meminum air dalam keadaan segar, dalam artian memiliki suhu yang sejuk, akan lebih baik dan lebih mudah memberikan manfaat dari air panas. Dengan mengetahui ketiga syarat ini, tentunya kita akan lebih teliti lagi dalam mengonsumsi air minum, bukan? Sahabat dapat mencoba Pure It dari Unilever, pemurni air yang mampu memberikan penyaringan pada air keran sekalipun, sehingga mengeluarkan air bersih, layak konsumsi tanpa proses pendidihan. Air yang telah disaring melalui Pure It aman untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga bahkan ibu hamil sekalipun karena telah memenuhi ketiga persyaratan tersebut.
Dapatkan penawaran khusus setiap pembelian Pure It dari Unilever di sendnpay.com pada 25 Maret 2015 – Maret 2015. Cek pula promo produk lainnya dan dapatkan diskon hebohnya di sini.

No comments:

Post a Comment