Wednesday, April 1, 2015

Perlukah Memberikan Si Kecil Multivitamin dan Mineral Tambahan?

Untuk mendukung pertumbuhan tubuh anak, suplemen seperti hal nya multivitamin dan mineral telah menjadi alternatif pilihan yang diberikan oleh orang tua pada anaknya. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki nilai nutrisi seimbang saja tidak dapat mencukupi kebutuhan multivitamin dan mineral pada tubuh si kecil. Akibatnya, banyak sistem pertumbuhan tubuh si kecil yang terganggu bahkan daya tahan tubuh yang berkurang.

Sebenarnya, perlukah memberikan si kecil multivitamin dan mineral tambahan untuk mendukung pertumbuhannya?


Dalam pertumbuhan tubuh si kecil, multivitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh misalnya, diperlukan vitamin C yang cukup untuk tubuh. Kalsium, sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Ada pula kebutuhan lemak dan protein untuk stamina dan energi si kecil. Tapi tidak hanya itu, nutrisi ada berbagai macam jenis dan kegunaan.

Memang benar, terkadang mengonsumsi makanan bernutrisi, 4 sehat 5 sempurna saja belum tentu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Namun demikian, sebagai orang tua, harus dipahami bahwa pemberian multivitamin dan mineral harus bedasarkan apa yang tubuh si kecil butuhkan.
Misalnya saja pemberian tambahan protein bagi si kecil yang bertubuh kurus, atau tambahan kalsium untuk menunjang pertumbuhan tulang dan giginya. Namun demikian, apabila nutrisi yang didapatkan oleh tubuh si kecil sudah seimbang, tidak perlu ditambah lagi dengan pemberian suplemen multivitamin dan mineral.

Bagi si kecil yang memiliki masalah pada saluran pencernaan dan termasuk anak yang pilih-pilih dalam makan. Anda dapat memberikannya suplemen yang kaya serat untuk menjaga saluran pencernaannya. Dan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tetap bugar, Anda dapat memberikannya vitamin C tambahan. Misalnya saja yang ada pada Fitkom Jeruk. Dengan kandungan nutrisi yang seimbang dan tidak berlebihan, daya tahan tubuh si kecil pun lebih dapat dijaga dengan baik.

2 comments: